Minggu, 02 Agustus 2015

Kisah Pepe

Oleh Conie Sema

José Alberto Mujica Cordano, alias Pepe
Pria tua itu kini sendiri bersama isteri tercinta. ia memandang bunga-bunga tumbuh di pekarangan rumah tua yang sangat sederhanan di luar ibukota Uruguay, Montevideo. Udara sejuk. Air bening mengalir dari sumur di halaman belakang. setiap pagi ia keliling kebun bersama seekor anjing setia. “Saya sudah hidup seperti ini hampir seluruh hidup saya. Saya bisa hidup dengan apa yang saya punya," katanya sambil duduk di sebuah kursi tua di kebunnya.

José Alberto Mujica Cordano, lelaki tua itu, sempat 14 tahun menghabiskan waktunya di penjara. selama ditahan ia mengalami penyiksaan dan terisolasi. Mucija masa tahun 1960-an hingga 1970-an memimpin laskar gerilya Tupamaros, sebuah kelompok bersenjata sayap kiri yang terinspirasi oleh revolusi Kuba. Selama ditahan, ia mengalami penyiksaan dan terisolasi, sampai ia dibebaskan tahun 1985, ketika Uruguay kembali ke masa demokrasi.

"Masa-masa di penjara itulah yang telah membentuk pandangan hidupnya," kenangnya. “Saya mungkin terlihat seperti pria tua yang eksentrik. Tapi inilah pilihan,” kata Mujica dikutip Dream dari laman BBC, Sabtu 12 Juni 2014.

Mujica, dilantik jadi Presiden Uruguay 1 Januari 2010,  meraup suara 52 % pada pemilu. Setiap hari ia tetap pulang ke rumah. bukan ke istana atau rumah dinas presiden. Sore itu, ia kembali ke rumahnya tidak lagi sebagai presiden. sebagai rakyat biasa. Ia pulang dengan kesederhanaan bersama isterinya, Lucia Topolansky. jalan menuju rumahnya tak berubah masih tanah tak diaspal. Hanya mobil VW Beetle dan harta kekayaan senilai 322.883 dollar atau sekitar Rp 4 miliar, sudah termasuk traktor dan alat pertanian milik isterinya.

“Saya disebut 'presiden termiskin', tapi saya tidak merasa miskin. Orang miskin adalah mereka yang hanya bekerja untuk mencoba memelihara gaya hidup yang mahal, dan selalu ingin berlebih-lebihan,” katanya.
"Seorang presiden adalah seorang pejabat tinggi yang dipilih untuk bekerja. Dia bukan raja, apalagi dewa. Dia juga bukan tukang sihir yang mengetahui segalanya," ujar Mujica. "Presiden adalah seorang pelayan rakyat. Saya pikir gaya hidup ideal seorang presiden adalah hidup seperti kebanyakan rakyat yang diwakili dan dilayaninya," paparnya dalam wawancara dengan Al Jazeera beberapa waktu lalu.

Menurut Mujica, yang juga seorang marxis, penyakit ‘kebutuhan tanpa batas’ itu ditularkan oleh kapitalisme. Kapitalisme-lah yang memaksa orang menyembah logika profit, yakni menumpuk keuntungan tanpa batas. Alhasil, manusia menjadi makhluk paling serakah. Kapitalisme pula yang memaksa manusia sejak lahir hingga jadi bangkai untuk menyembah konsumtifisme. Bahkan, manusia dipaksa berkonsumsi di luar kebutuhan dan kemampuannya.

Mujica seakan mengingatkan kita pada Gandhi, bahwa “bumi ini sebenarnya cukup, bahkan berlebih, untuk memberi makan semua penduduk bumi. Namun menjadi tidak cukup untuk memberi makan satu orang yang rakus.”

Di Forum PBB, Mujica telah mengutuk konsumerisme dan penghambaan terhadap pasar. “Kami telah berkorban untuk Tuhan lama yang tidak nyata. Sekarang kami menempati sebuah candi tuhan Pasar,” kata Mujica. Maksudnya, di masa lalu manusia telah berkorban untuk tuhan lama yang tidak nyata, sementara sekarang ini manusia menyembah tuhan baru: pasar.

Lelaki yang memiliki panggilan akrab Pepe itu, telah pulang ke rumahnya. ia meninggalkan kenangan yang berarti di hati rakyatnya.. Mungkin saja gaya kepemimpinan Mujica itulah yang menginspirasi para pemimpin di Indonesia. dengan bantuan media massa, mereka memoles diri supaya tampak sebagai pemimpin sederhana dan merakyat. dulunya pengusaha besar media, mall, properti, dan mebel, langsung hidup sederhana dan merakyat. Sementara kebijakannya justeru mencekik rakyat. seperti privatisasi BUMN/ layanan publik, penghapusan subsidi, liberalisasi perdagangan, dan lain-lain. membiarkan perampokan uang negara atas nama bantuan likuiditas ataupun bailout, seperti kasus BLBI dan Bank Century.

Saya marxis. kesederhanaan saya adalah ideologi. saya bukan chauvinis atau populis kanan. kesederhanaan bukan pencitraan atau gaya hidup. Mungkin itu yang hendak diingatkan Pepe kepada kita. ***

Kemiling, Bandar Lampung, 2 Agustus 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar